Unknown
Array
  • Array adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen2 yang mempunyai tipe data yang sama. (komponennya selalu tetap)
  • Variabel array dalam borlan C++ ada 3 yaitu : berdimensi 1, 2 dan 3.
  • Array berdimensi satu  BU: Tipe_data nama_variabel [ukuran]
  • Array berdimensi dua  BU: Tipe_data nama_variabel [index1] [index2]  //index1=baris, index2=kolom
  • Array berdimensi tiga   BU: Tipe_data Nama_Variabel [index1] [index2] [index3] //index1=jml baris, index2=jml isi dari baris, index3=jml kolom.
  • Index selalu dimulai dari 0.
Pointer
  • Pointer adalah variabel yang berisi alamat dari variabel lain.
  • Operator pointer dalam C++ ada 2 yaitu deference (&)menunjukan alamat dan reference (*)menunjukan nilai
  • Pointer dapt dideklarasikan secara konstanta/tetap. tipe_data*const nama_konstanta;
  • Pointer dideklarasikan pada variabel. tipe_data * nama_konstanta;
  • Pointer dapat menunjuk ke pointer lainnya. dengan cara  menambahkan referen ce didepan variabel yang ditunjuk.
Fungsi
  • Fungsi merupakan blok dari kode yang dirancang untuk melaksanakan tugas khusus.
  • kegunaan tugas : mengurangi perulangan yang sama, Program menjadi lebih terstruktur.
  • Bentuk penulisan Fungsi : nama_fungsi (argumen) { pernyataan/perintah;}
  • Prototipe fungsi digunakan untuk mendeklarasikan ke kompiler mengenai: tipe data keluaran,jumlah parameter, tipe data tiap parameter. Ex: float total(float a' float b) ket: float =tipe data keluaran fungsi, total=nama fungsi, float=tipe data parameter a, a=parameter a.
  • Parameter fungsi ada 2 yaitu: Formal(terdapat pada daftar parameter ada didalam fungsi) dan Aktual (digunakan pada pemanggilan fungsi)
  • Ex Parameter formal:  
                           float total(float a, float b) //a dan b adalah parameter formal
                           {
                                return (a+b);
                           }
  • Ex Parameter aktual:
                          main( )
                          {
                             ....
                            x-total(a,b);  //a dan b adalah parameter aktual
                             ....
                          }
  • Pernyataan return( ) digunakan untuk mengirimkan nilai atau nilai dari suatu fungsi kepada fungsi yang lain yang memanggilnya. dan di ikuti oleh argumen yang berupa nilai yang akan dikirim. 
  • Jenis Variabel :
1. Variabel lokal / otomatis : Variabel yang dideklarasikan didalam fungsi dan hanya dikenal oleh fungsi yang             bersangkutan.
2. Variabel Eksternal : variabel yang dideklarasikan diluar fungsi yang bersifat global yang artinya dapat digunakan bersama-sama tanpa harus dideklarasikan berulang-ulang. pendeklarasian dilakukan diluar fungsi main().
3. variabel Statis dapat bersifat lokal atau eksternal. Suatu variabel statis diperoleh dengan menambahkan kata kunci static didepan penentu tipe data variabel.
  • Fungsi inline : digunakan untuk mengurangi lambatnya eksekusi program dan mempercepat eksekusi program tertama pada program yang sering memanggil fungsi secara berlebih. inline dideklarasikan dengan menambahkan kata kuncu inline didepan tipe data.
  • Function Overloading : mendefinisikan beberapa fungsi, sehingga memiliki nama yang sama tetapi dengan parameter yang berbeda.
Macro
  • Preprocessor Directives :  suatu perintah yang termasuk kedalam program, tetapi bukan instruksi program itu sendiri. Dalam penggunaan preprocessor directives selalu dimulai dengan tanda : #
  • Macam2 preprocessor directives :
  1. #define = mendefinisikan suatu nilai tertentu kepada nma konstanta. #define nama_konstanta teks. dalam menuliskan nama konstanta menggunakan huruf besar, gunanya untuk membedakan dengan nama variabel.
  2. #include=berfungsi untuk memasukan file header kedalam program yang dibuat. penulisan dengan "...."=compiler akan mencari pada directori yang aktif, bila tidak ditemukan akn mencari pada directori dimana file itu berada. penulisan dengan  <...> compiler akan mencari pada file header yang disebutkan, kecuali pada directori yang aktif.
  3. #if-#endif= untuk mengkompilasi jika pernyataan kondisi pada #if bernilai benar, jika tidak maka diabaikan.
  4. #if-#else-#endif
  5. #elif
  6. #undef= untuk menghilangkan nilai yang telah didefinisikan dari daftar definisi.
  7. #ifdef-#ifndef= bagian program yang akan dicompile.
  • Pembuatan File Header. File Header adalah suatu file yang berakhiran dengan .h
Structure
  • Structure digunakan untuk mengelompokan sejumlah data dengan tipe data yang berbeda.
struct
{
    elemen_struktur;
        ......
       ......
} nama_tipe_terstruktur;
  • Nested Structure : suatu structure dapat digunakan didalam structure yang lainnya
  • Structure dengan Array.
struct
{
    elemen_structur;
    ......
    ......
} nama_tipe_struktur[jml_index];
  • Srtucture dengan Function : Suatu elemen dari struktur dapat dikirimkan kedalam suatu function dengan cara yang sama seperti mengirimkan suatu variabel sederhana kedalam suatu function.


Label: | edit post
5 Responses
  1. Anonim Says:

    algoritma yg A ada gak?


  2. Unknown Says:

    mksd'na?? soal algoritma??


  3. Anonim Says:

    iya soal logika algoritma :) yg A sama soal bahasa inggris nya ya yg A


  4. Unknown Says:

    aku ga ada soal bhs inggris..hehe


  5. Unknown Says:

    SINGKAT BGT DEH


Posting Komentar