Unknown
Bikin ikan bakar tapi ga pake alat pemanggang???? hemmm...gimana yah caranya? hehehe
Kemarin aku sama Mbak Indah (istrinya lek Ranto) beli ikan segar dipasar deket rumah(sebenarnya lumayan jauh siih ) niatnya sih mau bikin ikan bumbu kuning. Eh ga taunya kebanyakan,jadi kan sisa tuh ikannya dan kita punya inisiatif bikin ikan bakar, padahal kita tuh ga punya alat buat bakar tuh ikan selain itu kita juga sama-sama ga tau bumbunya apa ajah...wakakaka. tapi ya namanya orang kreatif...ada saja idenya...hahaha
mau tau kan gimana caranya? ini dia...
1. Bersihkan ikannya sampai benar-benar bersih yah, buang insang dan Ee'nya...sirip dan ekornya mau dibuang silakan enggak juga boleh.
2. Buat garis-garis ditubuh ikan pakai pisau, gunanya biar nanti bumbunya meresap kedalam ikan.
3. lumuri ikan dengan garam,
4. nyalakan kompor dan panaskan teplon, gunakan teplon yang tebal dengan pinggiran pendek, jangan terlalu tinggi supaya nantinya gampang jika ingin membalik ikannya.
5. setelah teplon panas masukan ikan yang sudah dilumuri garam tersebut,
6. Sambil menunggu, buatlah kecap yang dicampur dengan minyak dan aduk rata.
7. Oleskan campuran tersebut ke tubuh ikan yang sedang dipanggang. jangan dibalik kecuali sudah benar-benar matang.kalau sudah dibalik olesan juga pada sisi yang lain, gunanya agar ikan tidak lengket dan cepat gosong.
8. Sambil menunggu ikan yang kita panggang matang. kita buat sausnya...bumbunya yaitu, cabe rawit merah 6 dan bawang merah serta sedikit garam dan masako. semua bumbu ditumbuk halus kecuali bawang merah. bawang merah cukup digeprek saja.
9. setelah bumbu sudah dibuat masukan kecap kedalamnya dan aduk sampai benar-benar rata.
10. Jika ikan sudah matang, angkat ikan dan letakkan dipiring saji kemudian taburkan saos kecap yang tadi sudah dibuat diatasnya.
Ikan bakar ala sendiri sudah siap untuk dihidangkan.... heemmm Nyummiii
Berminat intuk mencoba??? Silakan saja, Mudah koq.... ^_^
0 Responses

Posting Komentar